Wednesday 27 November 2013

Jenga!

Pada tau nggak jenga itu apa? Nggak tau ya? Kudet!!

(ceritanya hint)

Udah bisa nebak jenga itu apa? 
Jenga itu adalah permainan. Gue ceritain sejarahnya dikit ya. Permainan ini diciptain sama Leslie Scott, diluncurin 28 tahun yang lalu di London Toy Fair. Bayangin, 28 TAHUN! Dan gue baru tau permainan ini beberapa tahun yang lalu. 

Nama 'jenga' itu sendiri diambil dari kata 'kujengga', bahasa Swahili (ada yang tau Swahili itu dimana?) yang artinya membangun. 

How to set up:
Cari permukaan yang rata buat alasnya. Taruh 3 balok secara sejajar. Taruh lagi 3 balok berikutnya dengan arah yang berbeda. Tumpuk terus sampai jadi 18 tingkat. 

How to play:
Tiap pemain harus ngambil satu balok kayu dari bagian menara, terserah yang mana aja. Balok yang barusan diambil itu, ditaro di bagian paling atas menara. Begitu seterusnya sampai menaranya roboh. Dan siapa yang bikin menaranya roboh, dia yang kalah. Yang menang adalah pemain terakhir yang sukses mindahin balok sebelum menaranya roboh. Biar tambah seru, kasih hukuman ke yang kalah. 


Selain pake balok, bisa juga pake wafer, chocolate bar, kotak sepatu, apapun itu suka-suka lo. Kedengerannya seru kan? Tambah seru kalau mainnya bareng temen, keluarga, atau pacar (kalau punya). Bisa dimainin dimana aja, di sekolah gue (SMAN 8 TANGERANG) juga bisa. Sedikit maksa ya gue? Lumayan kan kalau nggak ada kerjaan atau stress kebanyakan tugas?

No comments:

Post a Comment