Saturday 25 January 2014

Larangan Meniup Makanan/Minuman Panas


Pernah denger gak sih larangan kayak gitu? Pernah denger hadis tentang itu? 

Nih, ini arti hadisnya..
"Bahwasanya Nabi SAW melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya". (HR. At Turmudzi dan dishahihkan oleh Al-Albani).

Ngerasa sedikit aneh nggak sih? Masa nggak boleh niup makanan/minuman panas? Pernah mikir nggak kenapa kita dilarang niup makanan/minuman panas? 

Gue pernah baca di blog salah satu alumni SMAN 8 TANGERANG tentang ini. Gue bakal tulis intinya supaya ilmu kalian ikutan nambah. Semoga imannya juga bisa nambah. 

Masih inget kan pelajaran IPA? Biologi lebih tepatnya. Hembusan napas kita itu ngeluarin CO2 alias karbon dioksida. CO2 ini kalau ketemu sama air (H2O) bakalan jadi H2CO3 yang sama dengan cuka. Jadi, kalau kita niup makanan/minuman yang panas, CO2 bakalan ketemu sama air dan bikin makanan/minuman itu jadi bersifat acidic.

Itulah kenapa kita dilarang meniup makanan/minuman. Rasulullah SAW juga nyuruh kita minum perlahan-lahan, seteguk demi seteguk. Supaya kita nggak bernapas dalam gelas yang menyebabkan reaksi kimia diatas.

Udah ngerti kan? Setiap perintah Allah dan Rasul-Nya itu emang pasti ada hikmahnya, kitanya aja yang belum tau. Jadi, ikutin aja semua perintah Allah dan Rasul-Nya. Okay? 

No comments:

Post a Comment